Cara menjadi Teman Baik

 


OngCrog.com-Sudahkah anda menjadi teman yang baik untuk orang lain???. Memiliki teman yang baik adalah keinginan semua orang. Tapi bagaimana jika menjadi baik itu dimulai dari diri kita sendiri???. Ada beberapa cara yang bisa menjadikan kita menjadi teman baik untuk orang lain, berikut ini mungkin bisa jadi referensi,

1.    Berteman tanpa Pandang status/pandang bulu

    Kita berteman dengan orang lain itu usahakan jangan pernah membeda-bedakan satu orang dengan orang lainnya. Kaya-miskin atau Tua-muda, jangan jadikan sebagai halangan atau penghambat untuk kita bisa berteman. Dengan siapapun, kita harus bisa berteman. Tapi perlu diingat, janganlah berteman dengan orang-orang yang Toxic dan orang-orang yang membawa pengaruh buruk terhadap diri kita.

2.     Membantu tanpa diminta

    Ketika mengetahui teman  sedang mengalami kesulitan, kesusahan, kita harus menawarkan bantuan untuk bisa meringankan beban yang sedang dialaminya, selama  kita mampu melakukannya. Kedepankan empati dan kepedulian kepada mereka..

3.     Senang melihat Teman Maju

    Jadikan kemajuan teman sebagai energi positif untuk kita juga supaya bisa menjadi orang yang lebih baik lagi. Jangan malah kita membenci ataupun iri dengan kemajuan yang dialami teman. Justru kita memberikan dukungan dengan kemajuannya tersebut.

4.     Menjaga Aib Teman

    Jika kita mengetahui keburukan, kejelakan, atau suatu hal negatif yang pernah dilakukannya, kita jangan menceritakannya kepada teman kita yang lain ataupun kepada orang lain. Kita hanya cukup tau saja. Toh kan, tidak ada manfaat atau faedahnya juga menceritakan keburukan orang lain.

5.     Mengingatkan kepada Kebaikan

    Kalau mengetahui teman akan melakukan atau sudah melakukan suatu perbuatan, baik yang  berdampak buruk terhadap dirinya sendiri maupun berdampak buruk terhadap orang lain, kita perlu untuk mengingatkannya, agar ia tidak melakukan atau tidak mengulangi hal-hal buruk tersebut. Dengan mengingatkan, artinya kita peduli, agar sesuatu yang buruk tidak menimpa dirinya.

 

Nah, itulah beberapa cara untuk menjadi teman yang baik. Semoga atikel ini bisa membantu kita untuk bisa menjadi orang yang lebih baik lagi….



Hasanudin

Writer, Conten Creator

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama