Cara Mengatur keuangan anak KOSAN

 


OngCrog.com-Anak kos indentik dengan orang yang mandiri, jauh dari orang tua dan keluarga. Segala sesuatunya diatur sendiri, terutama masalah keuangan. Sebagai anak kos, kita perlu pandai-pandai dalam mengatur setiap pengeluaran, supaya tidak ada pengeluaran yang berlebih atau pemborosan uang. Apalagi anak kos yang masih mengandalkan kiriman dari  orang tua, perlu banget ngatur keuangannya dengan baik. Yuk! Ketahui bagaimana cara ngatur keuangan anak kos, berikut ini tipsnya,

1.     Membuat daftar Kebutuhan/Pengeluaran

Kita sebagai anak kos perlu membuat daftar kebutuhan/pengeluaran setiap bulannya, tujuannya adalah supaya kita tau uang tuh digunakan untuk apa aja. Misal, kebutuhan setiap bulannya tuh bayar kosan, makan, ongkos, beli kuota internet, dan lainnya. Nah, dengan begitu kita bisa lebih mudah ngatur pengeluarannya. Jadi, enggak ada lagi tuh yang namanya boros-borosin uang.

2.     Melakukan estimasi Harga dari setiap Kebutuhan

Kita kan udah tau nih pengeluaran setiap bulannya tuh untuk apa aja, sekarang kita tinggal memperkirakan harga/biaya dari setiap kebutuhan. Misal, buat bayar kosan 500k/bulan, makan 1000k/bulan dan seterusnya. Kita jadi punya gambaran jumlah uang yang harus kita keluarkan tiap bulannya.

3.     Memprioritaskan Kebutuhan daripada Keinginan

Kebutuhan penting banget kita prioritaskan, karena kebutuhan sifatnya urgent enggak bisa ditunda. Seperti makan, bayar kosan, dan kebutuhan lainnya  itukan enggak bisa kita tunda. Kalau kebutuhan ini kita tunda, nanti bakal berdampak buruk baik secara langsung maupun enggak langsung ke diri kita, beda dengan keinginan, dipenuhi atau tidak, itu enggak masalah. Jadi, usahakan prioritaskan dulu kebutuhan, kalau kebutuhan sudah terpenuhi, baru deh penuhi keinginan kalian apa, asalkan jangan ngenganggu uang bulanan kalian.

4.     Menyisihkan uang untuk ditabung/disimpan/diinvestasikan

Tujuannya untuk menghadapi segala sesuatu yang enggak bisa diprediksikan yang mungkin bakal terjadi pada diri kita, istilah lainnya tuh buat motif berjaga-jaga. Misalnya sakit, terus kalau kita mahasiswa kan suka ada tugas yang butuh pengeluaran dana seperti buat makalah, proposal, itukan enggak bisa tau kapan tugas tersebut akan diberikan oleh dosen ataupun sesuatu lain yang mendesak. Sehingga usahakan uang didompet atau di ATM kita tuh jangan sampai habis/ludes.

 

Sekian dulu tentang cara mengatur keuangan anak kosan, semoga bermanfaat terutama bagi kalian anak kos/anak rantau, pinter-pinter deh ngatur keuangannya supaya enggak ada pengeluaran yang enggak diperlukan….



Hasanudin

Writer, Conten Creator

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama